CANTIK-CANTIK KOK DI PANGGIL “MAS”

Kenalin  iya, namaku Alinda. Aku sering dipanggil Alin. Umurku baru 14 tahun loh. Hobiku apa aja yang penting asik ! hehe..
Pas kelas lagi kosong, karena guru yang berhalangan datang untuk mengajar. Itulah kesempatan emas buat kami yang duduk di bangku belakang pojok bebas ngobrol.
   “Heh rek ! Ke MTD (Malang Tempo Dulu) ayok !” Ajak Amy pada kami.
   “Mau, mau ! Kapan My? Ajak Arin juga iya?” Balas Afik.
   “Besok. Iyalah, pasti kalau itu ! Itu loh MTD-nya mulai tanggal 14,” Jawab Amy.
   “Emang sekarang tanggal berapa?” Tanyaku polos.
   “Halah ! Kamu itu Alin, Alin. Sekolah aja gak tau tanggal. Gimana seh?” Jawab Afik reflek
   “Hehehe..” Aku hanya ketawa kecil.
   “Amy ! Tanggal berapa sekarang? Liaten di jam mu,” Tanya Afik pada Amy.
   “Halah ! Kamu itu Fik. Gak tau juga aja loh. Gitu ngilokno aku,” Kataku gak terima.
   “Hahahahha.. Wes, wes. Jangan debat deh. Sekarang tanggal 15,” Lerai Amy sambil menjawab pertanyaan Afik.
   “Halah ! Anak jaman sekarang. Sekolah aja gak tau tanggal. Apa kata dunia !!?” Kataku sambil memukul meja.
   “Iyo kamu itu Lin !!” Balas mereka bareng.
   “Hahahahhaha.. Gak tau tuh Alin !” Evi tiba-tiba ngikut.
   “Lho, ngapain Vi? Nyambung aja. Gak ada kabel,” Kataku sewot.
   “Iyo gak papa tah Lin. Gak ada yang ngelarang aja loh,” Balas Evi gak terima.
   “Gak, gak bisa !” Jawabku juga gak terima.
   “Walah. Tarong tibake,” Kata Amy.
   “Udah, udah rek. Iya Allah. Gitu aja di debatin.” Afik melerai.
   “Lha, Alin itu. Seng mulai duluan.” Jawab Evi.
   “Lho? Kok bisa aku itu loh Vi? Enak aja.” Balasku gak terima.
   “Heh ! Masih tetep di lanjutin ! Kalian tak gibeng satu-satu mencelat kabeh iyo. Wes diem !” Judesnya Afik kumat.
Besok harinya masih tetep ngobrol di kelas. Abis jam pelajaran ketiga kalau gak salah.
   “Eh, rek ! Tar sore jangan lupa lho iya?!” Kata Amy memberi tahu.
   “Siipp My !!” Jawab aku dan Afik sambil mengangkat jempol tangan kami.
   “Oke, oke !” Kata Amy sambil membalas mengangkat jempol tangannya.
Abis percakapan singkat itu, aku ngelanjutin nyalin catatan PKN punya Afik. Lalu pergantian jam pelajaran terakhir.
Gak terasa, tiba-tiba guru dah nyuruh buat beres-beres. Sambil nunggu bel sekolah bunyi empat kali. Pertanda kami semua boleh pulang. Tet.. Tet.. Tet.. Tet..
   “Persiapan ! Beri salam !” Kata Linda sebagai ketua kelas memandu.
   “Seelaamaatt Siiaangg Buu !!” Jawab kami sekelas spontan.
   “Siang juga anak-anak,” Jawab guru kami.
Lalu kami semua dulu-duluan buat keluar pintu sekolah. Pengen buru-buru pulang. Aku sendiri yang masih sibuk ngeberesin buku-buku.
   “Ayo Alin !” Kata Afik.
   “Iyo, iyo. Bentar, tunggu iyo?” Balasku sambil memasukan buku ke tas.
   “Iyo, cepetan tapi,” Jawab Amy.
   “Iya. Bentar toh,” Balasku sambil menutup resleting tasku.
Setelah itu kami ke luar kelas sambil jemput Arin di kelasnya. Di perjalanan menuju gerbang sekolah kami membicarakan masalah MTD.
   “Eh, Oh iya rek ! Tar sore jangan lupa iya?” Kata Amy memberi tahu.
   “Loh? Lha, ngapain My? Aku tar sore mau tidur e?” Jawabku polos aja.
   “Halah ! Lak kamu itu Alin, Alin. Kerjaan mu tidur aja,” Balas Afik sewot.
   “Lha, ngantuk e Fik? Gimana lagi hayo?” Kataku membalas dengan tampang polos.
   “Dah deh Alin ! Jangan kumat lagi dong !?” Kata Amy gemes.
   “Lha? Kumat apa??” Jawabku gak ngerti.
   “Kumat tulalit mu !” Arin ikutan gemes.
   “Iyo ii. Masa udah lupa seh Alin? Kan baru kemaren.” Kata Afik yang sedari tadi dengerin.
   “Iya Allah. Lupa apa seh rek?” Jawabku apa adanya pada mereka dengan tampang gak berdosa.
   “Itu loh Lin, yang kemaren kita ngerencanain dikelas itu.” Amy menjelaskan.
   “Apa?” Jawabku masih gak ngerti.
   “Buat PR !!” Afik makin ikut gemes.
   “Lho !” Balasku.
   “Tar sore ke MTD. Ngumpul di depan sekolah. Jam 3 sore pokoknya dah ada di depan sekolah ! Wes kah !” Kata Amy akhirnya.
   “Woalah !? Ngomong ketmau rek rek. Jangan bulet aja toh. Akunya kan jadi gak ngerti,” Jawabku polos.
   “Gak tidur tah tar sore Lin?” Sindir Afik yang sedari tadi gemes sama aku soalnya gak mudeng mudeng.
   “Hehehe.. Gak? Kan aku ke MTD sama kalian,” Kataku sambil mesem mesem gak jelas.
   “Iya udah. Aku duluan iya. Sampai nanti sore rek ! Muah !” Kata Afik pada kami.
   “Heh, heh ! Bukan muhrim.” Jawabku spontan.
   “Hahahah..” Kami semua ketawa.
   “Iya udah, cepet pulang sana ! Tar SMS iya rek? Oke?” Kataku.
   “Oke !” Jawab mereka.
Sampailah aku dirumah. Sambil nunggu sore, aku tinggal makan, sholat dan terakhir mandi. Selesai mandi, aku jadi bingung pakek baju apaan. Rambutku kependekan sih ! Jadi bingungkan baju yang cocok yang mana. Iya udahlah. Asal ngambil aja.
Rek ! dah siap-siap belom?” SMS dari Afik. Aku bales “Belom Fik, Bentar lagi.”. Afik bales “Okelah. Cepetan ! keburu kesorean.”. Aku bales lagi “Lah, emang udah sore?”. Afik bales “Halah ! Wes cepetan dandannya.”. Aku bales lagi “Siap bos !”.
   “Yah, aku ke MTD-nya tar anterin sampai depan sekolahan iya?” Mintaku pada ayah.
   “Oke, oke. Emang entar kamu naik apa ke MTDnya?” Tanya ayahku.
   “Angkot yah,” Jawabku.
   “Emang sama siapa aja?” Tanya ayahku lagi.
   “Sama Afik, Arin sama Amy,” Jawabku.
   “Oh, iya udah. Ayah anter aja. Tar sama mama sekalian,” Kata ayahku.
   “Lho? Iya wes. Siip !” Jawabku.
Jam setengah 4 kalau gak salah aku baru selesai siap-siap. Tiba-tiba mereka semua pada SMS aku. “Alin ! Kamu masih lama tah? Kami semua udah ngumpul nih di depan sekolah. Cepetan kalau siap-siapnya neng !” SMS dari Arin, Afik dan Amy. Entelah lah, janjian mungkin mereka SMS kayak gitu ke aku. Aku bales ke mereka satu satu “Iyo, iyo. Iya Allah. Sabar talah rek.”. Mereka langsung bales “Lah kamu ke lamaan !”. Aku bales “Husyuh ! Iya maaf rek. Oh iya. Kata Ayahku, tar kita ke MTD-nya di anter sekalian aja. Jadi gak usah naik angkot.”. Afik bales “Nah, kalau itu dengan senang hati aku mau.”. Aku bales “Halah ! hahaha..”.
Sampailah aku ditempat janjian tadi siang di sekolah. Tepatnya di depan sekolah.
   “Rek ! Ayok naik?” Aku menyuruh mereka naik mobilku
   “Sek Alin. Tunggu Afik sama Arin beli pulsa,” Kata Amy memberi tahu.
   “Lha, itu mereka. Wes ayok !” Ajakku.
   “Oke,” Jawab Amy.
   “Tante.. Om..” Sapa mereka pada ayah dan mamaku setelah masuk kedalam mobil.
   “Iya..” Jawab ayah dan mamaku.
Lalu kami semua menelusuri jalan ke MTD. Semua jalan pada ruame ! Untung datengnya gak malem. Masih sore kok. Terus pas nyampek di depan MTD, aku liat ada gula kapas. Wahh, kesukaanku banget tuh. Aku langsung ngomong ke Afik. Kata Afik tar aja belinya pas kita pulang. Aku liatnya sih harganya ketulis besar banget cuma Rp. 3000,- aja. Iya udah.
Sampek di tempat parkiran. Aku sama yang lain di suruh turun. Abis turun kami semua langsung menuju ke MTD, tanpa basa-basi. Ayah sama mamaku ke MOG berhubung acara MTD-nya deket sama MOG. Jadi mama sama ayahku kesitu aja. Katanya gak mau ikut, soalnya ruame pasti tar disana. Iya udah, jadi kami melesat langsung masuk ke MTD-nya.
   “Fik ! Bisa cuci mata nih kita !?” Kataku sambil ketawa-ketawa.
   “Wah, iyo Alin. Liat cowok ganteng,” Jawab Afik sambil ketawa-ketawa juga.
    “Apa sih rek? Apa?” Amy dan Arin ingin tahu.
   “Tar loh, kita bisa cuci mata,” Kataku sambil ketawa.
   “Woalah rek rek. Hahahaha..” Kata Arin.
   “Hahahah.. Iyo rek !” Jawab Amy telat.
Sampai juga kami di dalem MTD itu. MTD-nya belom begitu rame sih. Pas dah masuk, liat ada tulisan gulali kami langsung melesat tanpa basa-basi tanya harganya. Soalnya dah ketulis gede di situ sih.
   “Mau beli berapa mbak?” Tanya mbaknya pada kami.
   “Beli empat !” Jawab kami spontan.
Dah dapet gulalinya satu-satu, kami langsung ngelanjutin perjalanan buat ngeliat-ngeliat isi di MTD ini. Isinya macem-macem. Banyak masakan jaman dulu lagi. Enak-enak ! Ada es goyang. Pas kami kesitu rupanya dah abis. Huh, sayang sekali. Padahal aku pengen coba. Di pertengahan jalan ada yang aneh.
   “Eh, Alin ! Kamu ngerasa aneh gak?” Tanya Amy padaku.
   “Iya, tuh cowok dari tadi kok di sebelahnya kita terus sih?” Balasku.
   “Lah itu mangkannya Alin. Aku ngomong ke kamu,” Kata Amy.
   “Ngefans paleng sama kita,” Kata Afik keras.
   “Hahahaha.. Iyo paleng. Lah dari tadi di sebelahnya kita terus,” Jawabku.
Mungkin cowok itu denger pembicaraan kami. Jadi cowok itu ngejauhin kita. Sambil terus melangkahkan kaki, kami ngelihat ada benteng bagus. Tapi karena rame banget antrinya, aku nyaranin buat tar aja pas pulang kita kesitu.
   “Eh, Fik Afik. Liaten cowok itu. Ganteng iyo? Tinggi maneh !” Kataku kagum sambil ngasih tau Afik.
   “Mana-mana Alin?” Jawab Afik pengen tau.
   “Itu, itu lho di situ. Yang bawa kamera, pakek baju putih, sama yang pakek kaca mata itu lho. Keren iyooo..?” Kataku sambil ketawa.
   “Mana? Oh, iyo. Ganteng Alin ! Keren, keren. Selera kita sama.” Kata Afik.
   “Hahahaha.. Iyalah. Kitakan sehati !” Balasku.
   “Hahaha.. Iyo. Kalau aku sama Amy sak pupu.” Kata Afik.
Gak kerasa kami dah muter-muter lama. Tapi gak kerasa capek tuh. Karena perut kami yang sedari tadi dah buka siaran band langsung alias dah kelaparan. Kami jadi langsung nyari tempat makanan yang murah dan jelasnya enak.
   “Rek ! Itu ada ayam bakar.” Kata Amy memberi tahu.
   “Iyo aku terserah yang lain aja My. Aku gak makan, gak laper aku.” Jawabku.
   “Iya wes. Disitu aja iya rek.” Kata Arin.
   “Iya wes. Ayok. Amy, meseno iyo. Aku tak nyari tempat duduk sama Alin. Arin meseno minum.” Kata Afik memberi tahu.
   “Oke !” Balas Arin dan Amy.
Sambil nunggu mereka mesen makanan. Aku sama Afik nyari tempat duduk. Dah dapet tempat duduknya, Aku sama Afik langsung duduk. Tiba-tiba ada pengamen dateng.
   “Bla.. Bla.. Bla..” Nyanyian si pengamen gak jelas.
   “Rek, udah. Nih makanannya,” Kata Amy sambil memberikan makanannya.
   “Seikhlasnya mas?” Kata si pengamen menatapku.
Karena aku gak merasa cowok. Jadi aku diem aja. Terus si pengamen kayaknya tau kalau salah panggil jadi dia ngacir pergi gitu aja. Terus kami ngelanjutin makannya. Udah selesai kami langsung keluar dari situ.
   “Wuahahahhahahahah….” Afik, Arin dan Amy ketawa ngakak pas dah keluar.
   “Alin, aku udah gak tahan buat ketawa. Hahahha..” Kata Arin.
   “Hus ! Diem. Seneng iyo temen di katain gitu. Mines kali itu matanya. Sampek-sampek gak bisa bedain cowok apa cewek. Sialan ii !” Kataku sewot.
   “Hahahahaha… Iya kali. Masa gak bisa bedain. Orang kamu juga pakek tas gambar Hello Kitty dan bajunya juga gitu. Masa ada cowok pakek kayak gitu. Hahahah..” Kata Amy gak bisa ngeberhentiin ketawanya.
Abis kejadian menyebalkan itu kami ngeliat jam. Karena jam sudah menunjukkan pukul 7. Jadi aku SMS ayah buat ngajakin pulang. Sambil nunggu ayah dateng jemput, kami ketempat gula kapas yang tadi aku liat.
   “Mas satu berapaan?” Tanyaku.
   “Rp 5000,- mbak,” Jawab si penjual.
   “Lho? Gak bisa kurang tah mas? Mahal banget. Masa Rp 5000,- .” Tawarku.
   “Iya gak bisalah mbak.” Jawab si penjual sewot.
   “Lha, tadi itu loh aku liatnya cuma Rp. 3000,- tok. Kok sekarang jadi RP. 5000,- hayo mas?” Kataku masih tetap pada pendirian.
   “Iya enggak. Emang dari tadi udah Rp. 5000,- . Salah liat kali !” Jawab si penjual tambah sewot.
   “Woalah. Iya udah deh. Gak jadi !” Kataku balik sewot.
   “Heh rek ! Jare mas-e gak boleh kurang. Iya tetep Rp 5000,- itu,” Kataku memberi tau.
   “Hahahahah.. Iya kamu Alin. Kayak gitu aja kamu tawar,.” Jawab Afik.
   “Gak tau tuh. Aneh, aneh aja kamu Alin,” Arin nambahin.
   “Lha emang loh rek ! Tadi kan liat sendiri toh kalau harganya cuma Rp 3000,- . Eh, kok sekarang jadi Rp 5000,-?” Balasku masih gak percaya.
   “Iya udahlah. Ini kita jadi beli gak?” Tanya Amy padaku.
   “Gak usahlah My. Mahal !” Kataku keras biar penjualnya ngerasa.
Gak lama ayah sama mama dateng ngejemput. Kami jadi buru-buru naek ke mobil. Di perjalanan kami ngebahas kejadian yang tadi kejadian di MTD sambil ketawa-ketawa.
Ayah sama mama nganterin Arin, Afik dan Amy pulang satu-satu. Mereka lalu pada pamitan. Sampek di rumah gak kerasa dah jam 9 aja.
   “Huh, hari yang agak menyebalkan. Cantik-cantik kayak gini kok di panggil Mas?” Kataku di dalem kamar sambil memejamkan mata.





J Catatan Kecil Dari Penulis <Aliin> J
          Hehehe.. Moga aja bisa buat yang baca ini cerpen ketawa apa bisa bayangin sesuatu hal yang sama kayak pas kejadian itu. Tepatnya kejadian itu pada waktu aku duduk di bangku SMPN 20 Malang kelas 8, 8C tepatnya.

Karya :: Alinda Kusumawardani <saya sendiri>